Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Sebanyak 217 warga di Kecamatan Kabila, Kabupaten Bone Bolango, menerima kartu peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Provinsi Gorontalo.

Kartu tersebut diserahkan Bupati Bone Bolango, Hamim Pou, didampingi Kepala Dinas Kesehatan Setempat, Rusli Katilie, di Gorontalo, Senin.

Bupati mengatakan, saat ini pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten memiliki kepedulian yang sama terhadap betapa pentingnya masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik.

Oleh karena itu, sebagian besar daerah menjadikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat menjadi nomor satu, termasuk didalamnya pemberian layanan secara gratis.

Di Kabupaten Bone Bolango, lanjut Hamim, dalam 3 tahun terakhir, daerah tersebut merupakan satu-satunya daerah yang mengratiskan seluruh layanan kesehatan kepada masyarakat.

"Seluruh warga sudah di cover melalui jaminan kesehatan, baik melalui program Jaminan Kesehatan Pro Rakyat, Jaminan Kesehatan Semesta, maupun Jaminan Kesehatan Masyarakat," Ujar Hamim.

Dia menambahkan, memang dalam layanan kesehatan masih ada beberapa yang tidak gratis seperti biaya transportasi datang ke rumah sakit maupun ke Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskemas).

Namun meski demikian, lanjutnya, dalam beberapa waktu kedepan, pihaknya akan berusaha untuk mengadakan alat transportasi untuk menjemput dan mengantar warga yang sakit.

"Mudah-mudahan bisa direalisasikan, saat ini masih sementara digodok karena ini menyangkut pembiayaan di APBD," ujarnya. 

Pewarta: Wahiyudin Mamonto

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2014