Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bone Bolango, Rusli Katili mengatakan bahwa validasi dan pembaruan data jaminan kesehatan memang belum berjalan dengan maksimal.

Pernyataan itu disampaikan Rusli di Gorontalo, Senin, terkait dengan jumlah keseluruhan penerima kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) di Kecamatan Kabila.

Dia menjelaskan, penerima JKN dari BPJS Gorontalo di Kecamatan Kabila berjumlah 3.545 peserta, namun saat ini yang diserahkan baru berjumlah 217 kartu yang asli dan sudah tercetak.

Secara Rinci, dari 23.545 penduduk di Kabila yang menerima kartu jaminan kesehatan melalui program Jaminan Kesehatan Pro Rakyat (Jamkespra) yang dibiayai Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Bone Bolango berjumlah 4.818 orang.

Kemudian yang masuk dalam program Jaminan Kesehatan Semesta (Jamkesta) oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo sebanyak 7.085 orang dan peserta Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) 3.306 orang.

"Berdasarkan data ini sebetulnya seluruh penduduk Kabila sudah tercover," Kata Rusli.

Hanya saja, lanjutnya, memang hingga saat ini proses validasi maupun pembaruan data penerima jaminan kesehatan masih belum berjalan maksimal, sehingga masih ada masyarakat yang belum memiliki kartu peserta.

Selain itu, karena proses validasi dan pembaruan data tersebut, mengakibatkan masih ada warga yang memang belum terdaftar sebagai penerima jaminan kesehatan.

"Semoga kedepan nanti, persoalan ini bisa selesai," Kata Rusli.

Pewarta: Wahiyudin Mamonto

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2014