Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Puluhan mahasiswa pencinta alam (Mapala) diduga hilang saat mendaki di Gunung Pilomatea, Kabupaten Bone Bolango.

Salah seorang anggota Mapala di Universitas Negeri Gorontalo (UNG), Joni mengatakan seharusnya para pendaki tersebut sudah turun sejak Minggu (17/8), namun hingga saat ini belum ada kabar dari salah satu diantaranya.

"Kami sempat tahu jumlah pendaki gunung ada 39 yang berasal dari mapala se-Gorontalo dan ada anak SMA juga, berangkatnya Jumat (15/8). Tapi nama-nama mereka tidak kami ketahui," ungkapnya, Selasa.

Menurutnya pendakian tersebut bertujuan untuk memperingati HUT Proklamasi RI yang ke-69, dengan agenda utama pengibaran bendera merah putih di puncak tertinggi gunung tersebut yaitu Puncak Merdeka.

Ia menuturkan Gunung Pilomatea dengan ketinggian 1.745 meter di atas permukaan laut itu adalah gunung baru bagi mapala.

Pendakian yang dilakukan kali ini adalah pendakian kedua, sejak beberapa mahasiswa sebelumnya merintis pendakian pertama kali dan memberi nama Pilomatea pada gunung tersebut.

Sementara itu, Kabag Humas UNG Suleman Bouty mengatakan pihaknya baru mengantongi enam nama mahasiswanya yang turut dalam pendakian.

"Kami masih menghimpun data. Kegiatan pendakian ini tanpa sepengetahuan kami, namun kami melakukan upaya pencarian dengan bantuan Basarnas," ungkapnya.

Pewarta: Debby Hariyanti Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2014