Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Bupati Bone Bolango Hamim Pou mengatakan bahwa wilayah yang saat ini dipimpinnya itu merupakan daerah yang unik serta penting bagi Provinsi Gorontalo maupun dunia.

Hamim menjelaskan, Kabupaten Bone Bolango merupakan sumber air bagi kehidupan ribuan masyarakat Kota Gorontalo, sebab Sungai Bulango maupun Bone berasal dari gunung yang ada di daerah tersebut.

Karena itu, kata Hamim, sudah menjadi kewajiban bagi semua pihak agar keberadaan mata air di Kabupaten Bone Bolango dijaga demi keberlangsungan hidup bersama.

"Pemerintah Kabupaten Bone Bolango sendiri sudah mengupayakan berbagai cara dalam menjaga keberlangsungan mata air yang sangat penting bagi kehidupan ini," kata Hamim.

Hamim menambahkan, selain itu Kabupaten Bone Bolango memiliki Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBNW) yang mejadi rumah bagi banyak spesies tumbuhan maupun hewan.

TNBNW pun kata Hamim, menjadi "paru-paru" Provinsi Gorontalo, Indonesia, bahkan salah satu yang dimiliki oleh dunia, sehingga penting untuk dijaga bersama.

"Keunikan lain adalah selain memiliki tempat wisata eksotis, Kabupaten Bone Bolango merupakan daerah yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan Provinsi Sulawesi Utara," Ujar Hamim.

Pewarta: Wahiyudin Mamonto

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2014