Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulawesi Utara Ivanry Matu mengatakan bahwa investasi listrik mampu mendorong pertumbuhan industri di Sulut.

"Listrik sangat penting dalam semua sektor termasuk sektor ekonomi," kata Ivanry di Manado, Selasa.

Dia mengatakan tanpa listrik industri tidak tumbuh, lapangan kerja tidak tercipta, penghasilan masyarakat rendah.

Di Sulut, katanya, jika  ingin mewujudkan daerah industri menuju masyarakat yang modern dan sejahtera,  listrik  harus menjadi prioritas untuk ditingkatkan.

Harus diakui, katanya, Sulut masih kekurangan listrik,   yang menjadi pertimbangan para pemodal besar untuk berinvestasi.

"Karena itu kami menyambut gembira jika ada industri listrik yang akan masuk di Sulut pasti akan memberikan efek domino bagi semua sektor," jelasnya.

Apalagi kini, katanya, di Sulut sudah ditetapkan dua Kawasan Ekonomi Khusus yaitu KEK Bitung untuk Kawasan industri dan KEK Likupang untuk kawasan pengembangan Pariwisata.

"Daerah harus mempersiapkan segala infrastruktur dan sarana penunjang lainnya terutama listrik," jelasnya.

Perlu diingat, katanya, bahwa listrik adalah bagian dari infrastruktur penting untuk ekonomi suatu negara, bukan hanya dari sisi pembangunan tapi semua sektor apalagi ekonomi, pendidikan, kesehatan, dunia dirgantara dan lainnya.

Bahkan, katanya, saat ini dalam pertanian yang berbasis agribinis, listrik itu menjadi sangat penting.

Tetapi kata dia apabila ada industri listrik yang akan berinvestasi di Sulut harus juga mengutamakan aspek keadilan ekonomi.

Artinya harus terjangkau semua kalangan dan tersedia cukuo, dan industri listrik itu harus mampu berkompetisi secara sehat karena ada Perusahaan Listrik Negara yang tidak boleh  menimbulkan masalah.

"Intinya kami menyambut baik karena memang listrik adalah jantung untuk menggerakkan nadi ekonomi daerah maupun nasional," katanya.
 

Pewarta: Nancy Lynda Tigauw

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019