Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin, menyambut kepulangan empat atlit "langga" ke daerah itu, setelah berhasil mengikuti festival olah raga tradisional di Kementerian Pemuda dan Olah raga (Kemenpora) RI, di Jakarta, Minggu.

Bupati mengaku bangga atas prestasi keempat atlit yang telah mengharumkan nama daerah itu, di tingkat nasional pada 12-19 Agustus 2014.

"Meski belum berhasil meraih prestasi puncak, namun keempat atlit ini telah berjuang keras mengharumkan nama daerah ini, serta Provinsi Gorontalo secara umum," ujar bupati.

Hal itu ia ungkapkan pada penerimaan keempat atlit yang dirangkai dengan resepsi Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-69 tingkat Kecamatan Atinggola, yang baru digelar di lapangan hijau pusat kecamatan tersebut dihadiri ribuan masyarakat setempat.

Daerah sangat berbangga dengan keikutsertaan empat atlit ini, apalagi kata bupati, mereka berhasil mewakili Provinsi Gorontalo di tingkat nasional.

"Saya sendiri tak bosan menggaungkan prestasi di bidang olah raga ini, ke seluruh pelosok wilayah yang dikunjungi," ujar bupati.

Menurutnya, pemerintah daerah akan terus berupaya meningkatkan prestasi di bidang olah raga tradisional ini, termasuk membangun sarana yang akan menampung bibit-bibit baru yang diharapkan mampu mendulang prestasi lebih banyak bagi daerah.

Pencak Silat Langga merupakan bagian dari budaya Gorontalo yang sudah ada sejak zaman dulu, sehingga upaya melestarikannya terus dilakukan pemerintah dari tingkat desa hingga provinsi, termasuk mendukung menjamurnya perguruan-perguruan silat tersebut sebagai olah raga merakyat yang wajib dipopulerkan.

"Agar timbul kecintaan generasi muda hingga semakin berminat mempelajarinya," kata bupati.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2014