Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten Bone Bolango dan Kabupaten Gorontalo Utara sepakati penegasan batas wilayah kedua daerah itu, melalui rapat pembahasan yang difasilitasi Direktorat Jenderal Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Selasa.

Wakil Bupati Bone Bolango Kilat Wartabone mengatakan, dengan selesainya pembahasan bersama dan disepakatinya penegasan batas kedua daerah, maka diharapkan ada kerja sama yang baik antara kedua pemerintah daerah.

Bentuk kerja sama itu antara lain, adalah saling menunjang dalam beberapa hal baik di bidang pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.

"Pada prinsipnya kedua daerah yang bersaudara dan tidak pernah terjadi masalah dalam penetapan penegasan batas daerah," kata Kilat.

Sementara itu, Kepala Bagian Pemerintah Sekretariat Daerah Kabupaten Bone Bolango, Safri Puili, menambahkan penegasan batas daerah sangat dibutuhkan agar administrasinya bisa tercatat dengan baik di Kemendagri.

Apalagi kata Safri, Kabupaten Bone Bolango dan Gorontalo Utara adalah daerah otonom, maka penegasan batas daerah penting dan sangat menentukan bagi penunjang daerah, terutama menyangkut Sumber Daya Alam.

"Penegasan batas daerah antara Bone Bolango dan Gorontalo Utara yang telah disepakati terdapat di 16 titik koordinat yang ada di Kecamatan Bulango Ulu," kata Safri.

Safri menambahkan, setelah Bone Bolango dan Gorontalo Utara, maka langkah pembahasan selanjutnya adalah penegasan batas daerah antara Bone Bolango dan Kabupaten Gorontalo.

Pewarta: Wahiyudin Mamonto

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2014