Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, memastikan pembayaran honor guru tidak tetap (GTT) di daerah itu, segera dilakukan sebelum Lebaran 1440 Hijriyah.

"Prosesnya sementara dalam tahapan pemenuhan administrasi persyaratan untuk pembayaran honor seluruh GTT yang telah mengantongi Surat Keputusan (SK) pengangkatan sebagai honor daerah," ujar Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Nasional setempat, Irwan Usman, di Gorontalo, Senin.

Menurut dia, sebanyak 1.151 orang GTT di daerah itu, ditambah guru honor yang bertugas di Madrasah Aliyah (MA) sebanyak 46 orang, segera menerima honor.
Pihaknya ,kata dia, memacu kelengkapan administratif untuk mempercepat pembayaran honorarium tersebut.

"Kita berupaya, sehari dua ini seluruh GTT sudah menerima honor," ujarnya.

Sementara itu, anggota DPRD Gorontalo Utara, Matran Lasunte, mengapresiasi sikap pemerintah daerah yang mempercepat pembayaran honor GTT sebelum Lebaran.

"Ke depan, honor GTT di daerah ini masih perlu ditingkatkan namun upaya pemerintah daerah untuk memberi perhatian serius pada kesejahteraan GTT perlu diapresiasi, termasuk segera membayarkannya setelah mengantongi SK," ujar Matran.

Alokasi anggaran untuk honor GTT di daerah itu tergolong besar, mencapai Rp10 miliar lebih setiap tahun.

Ia berharap, alokasi itu berdampak pada peningkatan kualitas kegiatan belajar mengajar di seluruh sekolah, mengingat kekurangan guru bisa disiasati dengan rekrutmen GTT.

Matran pun mengaku sangat mengapresiasi sikap pemerintah daerah yang memberikan perhatian serius terhadap peningkatan kesejahteraan guru honor.

Meski tidak signifikan kata dia, namun berbagai upaya terus dilakukan setiap tahun oleh pemerintah daerah, untuk meningkatkan kesejahteraan guru honor di daerah itu.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019