Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango akan menyemarakkan malam "Tumbilotohe" jelang perayaan Idul Fitri 1440 H, dengan menata beberapa lokasi yang menjadi pusat perhatian semua warga.

"Pemkab terus pacu persiapan Tumbilotohe di Bone Bolango, ada 10.000 lebih lampu botol minyak tanah yang akan dipasang pada festival Tumbilotohe ditambah dengan lampu listrik," kata Kepala Dinas Pariwisata Aznan Nadjamuddin belum lama ini.

Lokasi yang disiapkan pada malam festival itu, yakni Danau Perintis Suwawa dan Taman Taqwa Masjid Baitul Haq Islamic Center Bone Bolango.

Kemudian ada pagelaran musik religi atau lomba menyanyi lagu religi yang disponsori Badan Takmirul Masjid Baitul Haq Islamic Center Bone Bolango.

Ia berharap festival Tumbilotohe ini menghibur masyarakat dan menjadikan dua lokasi, yakni Danau Perintis dan Taman Taqwa sebagai tempat destinasi wisata religi sekaligus untuk berswafoto.

Harapannya agar kunjungan wisatawan bisa meningkat dan melihat dari dekat kebudayaan dan religi daerah ini.

Sementara itu, Jonly, warga Manado sudah menyatakan hadir untuk melihat Tumbilotohe di Bone Bolango dan Gorontalo secara keseluruhan.

"Saya sering mendengar informasi soal Tumbilotohe, makanya ingin melihat langsung model seperti apa kegiatan itu," jelasnya.
 

Pewarta: Adiwinata/Humas

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019