Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten Bone Bolango menyediakan dua unit kapal ikan dengan ukuran masing-masing 10 gross tonage (GT) yang diperuntukan bagi masyarakat nelayan di wilayah Bone Pesisir.

Wakil Bupati Bone Bolango Kilat Wartabone, Selasa, mengatakan saat ini pemerintah sedang berupaya untuk mengangkat kehidupan masyarakat nelayan di bone pesisir agar taraf kehidupannya meningkat.

Dia mengatakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bone Bolango yakni menyediakan kapal ikan khusus bagi masyarakat nelayan di wilayah tersebut.

"Kapal yang sedang disediakan berjumlah dua unit dan pembuatannya sedang dalam tahap penyelesaian," kata Kilat.

Kilat mengimbau kepada pihak kontraktor pelaksana pembuatan kapal ikan itu agar bisa menyelesaikan proyek tersebut sesuai dengan agenda kerja yang telah ditentukan dalam kontrak.

Sementara itu Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bone Bolango Amin Pakaya mengatakan bahwa ke 2 unit kapal ikan yang berukuran 10 GT tersebut dibiayai lewat anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Alokasi Umum (DAU) tahun anggaran 2014 senilai Rp1,4 miliar.

"Karena kapal ikan tersebut merupakan aset pemerintah daerah, maka kita akan melakukan seleksi kelompok masyarakat nelayan yang ada di Bone Pesisir," kata Amin Pakaya.

Pewarta: Wahiyudin Mamonto

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2014