Wilayah teritorial Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, resmi memiliki Komando Distrik Militer (Kodim) 1314 yang bermarkas di Desa Botungobungo, Kecamatan Kwandang.

Danrem 133/Nani Wartabone Kolonel Czi Arnold AP Ritiauw, Selasa, meresmikan Kodim 1314 yang dihadiri Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin, Wakil Wali Kota Gorontalo, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gorontalo, Ketua DPRD Gorontalo Utara, Nurjanah Yusuf dan seluruh unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Gorontalo.

Danrem dalam sambutannya mengatakan, momentum diresmikannya Kodim 1314 Gorontalo Utara, sangat dimaknai dalam meningkatkan pengamanan teritorial yang lebih efisien untuk kesiapsiagaan yang semakin tepat.

Sebab Gorontalo Utara sebagai salah satu kabupaten di beranda wilayah Indonesia Timur, sangat memerlukan perhatian lebih, dalam meningkatkan kekuatan pengamanan khususnya di wilayah perbatasan.

Selain itu, hadirnya Kodim 1314 diyakini akan mendorong pertumbuhan perekonomian di daerah pinggiran.

Ia berharap, keberadaan Kodim 1314 Gorontalo Utara/Korem 133 Nani Wartabone, akan menciptakan stabilitas keamanan di Provinsi Gorontalo, khususnya wilayah teritorial teras depan Indonesia di pesisir utara itu, agar semakin kondusif.

Seluruh prajurit yang ditempatkan pun diharapkan mampu menjalankan peran dan fungsinya agar lebih berbaur dan dicintai rakyat.

"Kodim 1314 harus berkontribusi positif terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat, serta tidak berdampak merugikan masyarakat," ujar Danrem.

Ia pun menyampaikan apresiasinya terhadap perhatian Gubernur Gorontalo Rusli Habibie yang telah menginisiasi, mendukung penuh dan sangat mendorong percepatan hadirnya Kodim 1314 Gorontalo Utara.

"Ini adalah motivasi yang sangat luar biasa bagi seluruh jajaran Korem 133/Nani Wartabone dalam menjalankan tugasnya di seluruh wilayah teritorial Provinsi Gorontalo," ucapnya.

Pihaknya pun tambah Danrem, menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Pemerintah Daerah setempat, khususnya Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin, yang telah menyiapkan lahan pembangunan Markas Kodim (Makodim) tersebut serta memfasilitasi kelancaran pembangunan, termasuk menyiapkan dukungan kendaraan operasional.

Kodim 1314 Gorontalo Utara, membawahi dua daerah binaan teritorial, yaitu Kabupaten Gorontalo dan Gorontalo Utara, di dalamnya terdapat 8 Koramil, yaitu  Koramil 01 Talaga, 02 Limboto, 03 Batudaa, 04 Tibawa, 05 Boliyohuto di wilayah Kabupaten Gorontalo, Koramil 06 Kwandang, 07 Atinggola dan 08 Sumalata di wilayah Gorontalo Utara.

Rencananya kata Danrem, pejabat Dandim yang ditempatkan akan dilantik secepatnya pada Juli 2019.

Saat ini jumlah personel di Makodim 1314 masih tergolong minim, baru berjumlah 60 personel, dari jumlah idealnya mencapai 120 personel.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019