Pemerintah Provinsi Gorontalo melalui Dinas Pariwisata melatih guru SMA dan SMK, untuk mengembangkan pariwisata di daerah tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo Nancy Lahay, Selasa di Gorontalo, mengatakan guru dan sekolah itu tidak bisa dipisahkan, sehingga semua bidang membutuhkan guru sebagai dasar pengembangan, termasuk pariwisata.

Dikatakan, melalui perannya sebagai tenaga pendidik, guru diharapkan mampu mencetak SDM yang profesional, yang mampu mengembangkan potensi pariwisata di Gorontalo.

“Efek dari pariwisata itu sangat luas sekali. Jadi semua pemangku kepentingan harus terlibat di dalamnya termasuk guru-guru,” kata Nancy.

Dia mengungkapkan, potensi pariwisata Gorontalo tidak kalah dari daerah lain, namun kurang terpublikasi.

Selain itu, SDM yang tersedia masih minim, serta belum adanya kesadaran masyarakat terhadap pengembangan pariwisata.

“Kami berharap para guru bisa melanjutkan apa yang menjadi program Dinas Pariwisata maupun program Kementerian pariwisata, sehingga generasi muda kita lebih sadar wisata. Sadar wisata bukan hanya memanfaatkan potensi yang ada tetapi sadar wisata juga untuk menjaga lingkungan ada di tempat wisata, karena prinsip pariwisata itu semakin dilestarikan semakin menyejahterakan,” urainya.

Sementara itu, Sekda Provinsi Goro talo Darda Daraba menilai Dinas Pariwisata konsisten melakukan pengembangan SDM pariwisata.

“Sebelumnya saya buka kegiatan pelatihan dasar 'goes to school' untuk siswa SMA/SMK sekarang gurunya yang dapat pelatihan. Kalau guru dengan siswanya kita bekali dengan pelatihan kepariwisataan, ini sangat luar biasa untuk memajukan sektor pariwisata daerah kita,” jelasnya.

Menurutnya, saat ini sektor pariwisata yang menjadi garda terdepan dalam meningkatkan perekonomian secara nasional maupun daerah.

Di Gorontalo, sektor pariwisata merupakan salah satu dari delapan program unggulan gubernur dan wakil gubernur.

“Jika semuanya didukung dengan SDM yang memadai, tentunya promosi untuk peningkatan kunjungan wisata di Gorontalo akan semakin baik,” tambahnya.

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019