Bupati  Bone Bolango Hamim Pou meresmikan Pasar Harian Oluhuta di Kecamatan Kabila, Jumat.

"Peresmian ini sekaligus mencanangkan Pasar Grosir Gorontalo di Kelurahan Oluhuta Utara, Kecamatan Kabila yang diintegrasikan dengan Bulan Bhakti Gotong Royong (BBGR) tahun 2019," ujarnya.

Hamim berharap pejabat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Bone Bolango, serta masyarakat umum lainnya dapat melakukan transaksi jual-beli maupun berbelanja di pasar tersebut.

Para pedagang Pasar Harian Oluhuta sendiri, merupakan pedagang yang direlokasi dari Pasar Sore Mutiara di Kecamatan Kabila. Dimana keberadaan Pasar Sore Mutiara tidak memiliki landasan hukum atau ilegal, sehingga dikhawatirkan akan membahayakan para pedagang jika ada pungutan liar.

"Kenapa kami pindahkan Pasar Sore Mutiara ke Oluhuta ini, sebab kami sayang kepada pedagang karena berjualan di tempat yang tidak ada landasan hukumnya. Jika kalau ada pungutan liar, ini akan membahayakan para pedagang itu sendiri," ungkap Bupati.

Begitu juga dari sisi keselamatan, baik dari sisi penjual dan pembeli. Belum lagi dari sisi pembeli yang repot mencari parkir dan tempat parkirnya, tempatnya juga rawan kecelakaan.

"Ini masalah yang akan dihadapi, sementara di saat yang sama sudah ada pasar yang bagus, yakni Pasar Oluhuta yang luas, bersih, dan strategis, maka dari itu, ini harus kita manfaatkan," kata dia.

Ia melanjutkan, pemerintah hadir bukan untuk menyusahkan rakyatnya, tapi ingin membuat rakyatnya senang, bahagia dan sejahtera, makanya pemerintah membangun pasar disini. Karena itu, keberadaan pasar Oluhuta harus dijaga dan dipelihara dengan baik, karena ini pasar rakyat bukan pasar pemerintah.

"Saya yakin kerja sama pedagang di sini luar biasa dan sadar bahwa pasar ini milik bersama, karena itu mari terus kita rawat untuk menambah pendapatan dan meningkatkan pendapatan, sehingga tercipta kesejahteraan bagi kita semua," pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Hamim Pou juga menyerahkan sejumlah bantuan kepada para pedagang, yakni 10 buah kotak pendingin dari Kementerian Perdagangan RI.

 

Pewarta: Adiwinata Solihin/Humas

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019