Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, mendorong penataan pariwisata dimulai dari wilayah kecamatan.

"Sudah saatnya pemerintah daerah fokus menata wilayah kecamatan sebagai upaya mengembangkan sektor pariwisata," kata Wakil Ketua DPRD dari fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Lukman Botutihe, di Gorontalo, Jumat (5/7).

Ia mengatakan, akan percuma promosi pariwisata digencarkan, jika tidak dibarengi dengan upaya penataan wilayah dan program pendukungnya.

"Katakanlah kita berhasil melakukan promosi pariwisata dan wisatawan akan datang, tapi ternyata kita tidak siap menyambut mereka, karena ketidaksiapan wilayah," tuturnya.

Ia mencontohkan, akses menuju objek wisata yang minim, lingkungan yang kotor, objek wisata tidak representatif dan banyak faktor ketidaksiapan lainnya.

Dampaknya kata Lukman, tentu akan sangat merugikan daerah dan ke depan, pemerintah daerah akan menghadapi kendala besar untuk mempromosikan sektor pariwisata.

Apalagi jika wisatawan yang berkunjung sampai mempublikasikannya ke media sosial atau akun pribadinya. "Tentu kondisi itu sangat tidak diinginkan," katanya.

Maka DPRD, kata dia, mendorong agar pemerintah daerah fokus melakukan penataan wilayah, mulai dari kecamatan-kecamatan.

Ia mencontohkan, potensi taman wisata Anggrek yang bisa dikembangkan dan potensial dibudidayakan mulai dari pekarangan-pekarangan rumah.
Apalagi ada satu wilayah kecamatan di daerah itu bernama Kecamatan Anggrek.

Tentunya pengembangan taman wisata Anggrek bisa dimulai dari Kecamatan Anggrek, sebagai cikal bakal wilayah yang akan ditata secantik mungkin untuk mendorong kesiapan daerah dalam mempromosikan sektor pariwisata.

Ia berharap, masukan DPRD untuk fokus penataan tersebut disambut baik pemerintah daerah, dimulai dari penataan organisasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.

Seperti menempatkan Kepala Dinas definitif, didukung dengan perangkatnya yang kuat dalam upaya menjalankan program-program inovatif dan produktif untuk meningkatkan sektor pariwisata di daerah itu.

Lukman berharap, pemerintah daerah memberi perhatian prioritas pada penataan sektor pariwisata, tidak hanya pada objek-objek wisata andalannya, namun seluruh kecamatan sebagai bentuk kesiapan menyambut kunjungan pariwisata ke daerah itu.
Wakil Ketua DPRD Gorontalo Utara, Lukman Botutihe. (Susanti Sako)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019