Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengatakan, Kabupaten Boalemo harus menggenjot roda pertumbuhan ekonomi lebih cepat di usia yang ke-15 tahun.

"Boalemo di usianya yang masih terbilang muda, telah mampu menunjukkan perkembangan yang pesat sebagai sebuah daerah otonom yang mandiri, tapi jangan lupa pertumbuhan ekonomi juga harus dipacu," ujarnya, saat memperingati HUT Kabupaten Boalemo, Kamis.

Ia optimistis Boalemo akan cepat maju karena didukung oleh sumber daya alam yang melimpah, seperti perikanan dan perkebunan.

Program Sejuta Kakao yang diterapkan pemda setempat, dinilai akan membawa perekonomian Boalemo lebih baik.

"Kakao memiliki prospek yang sangat bagus dan Boalemo saat ini sedang merintisnya. Pemilihan komoditi yang tepat akan membantu daerah untuk menata ekonominya," kata Rusli.

Gubernur meminta kepada Pemda Boalemo tetap ikut aktif dalam menyukseskan empat program unggulan pemerintah provinsi yakni pendidikan gratis, kesehatan gratis, pembangunan infrastruktur serta pembangunan ekonomi kerakyatan.

Ia menyadari, tanpa sinergitas dan dukungan dari pemerintah kabupaten/kota maka program tersebut tidak akan memperoleh hasil maksimal.

"Salah satu jargon pembangunan kami yaitu membangun Gorontalo dari desa, jargon yang menekankan pembangunan dari tingkat bawah. Oleh karena itu kami menekankan perlunya sinergitas dan sinkronisasi program antara pemerintah provinsi dengan kabupaten dan kota," imbuhnya.

Sebaliknya, kata dia, pemprov juga akan membantu kabupaten dan kota dengan alokasi anggaran pada sejumlah program.

Pewarta: Debby Hariyanti Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2014