Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Gorontalo Utara mengingatkan pemerintah daerah perlu lebih gesit mendatangkan investor jika ingin memajukan sektor pariwisata.

Ketua Komisi II DPRD Gorontalo Utara Hitler Datau, di Gorontalo, Kamis,  mengatakan salah satu hal penting untuk menarik wisatawan ke daerah adalah adanya fasilitas penginapan yang memadai.

"Kalau daerah ini sudah memiliki infrastruktur memadai termasuk fasilitas penginapan, tentu wisatawan akan tertarik datang bahkan mereka sendiri yang akan mempublikasikannya ke daerah atau negara asal mereka tentang keindahan dan kenyamanan berwisata di daerah ini," ujar Hitler.

Daerah ini, kata dia, punya banyak objek wisata yang tidak kalah bagusnya dengan daerah lain, khususnya pulau-pulau cantik dan keindahan bawah lautnya.

Namun minat kunjungannya belum tinggi karena fasilitas yang dimiliki masih minim.

Kuncinya, kata politikus Golkar ini, pemda perlu lebih gesit lagi menggaet investor.

"Membangun fasilitas seperti hotel tentu memerlukan anggaran yang tidak sedikit, karena itu  menggandeng investor akan memberi kemudahan untuk merealisasikannya," ujarnya.

Jika fasilitas penginapan tidak terpenuhi, kata Hitler, wisatawan akan kurang nyaman, tidak bisa tinggal lebih lama untuk menikmati keindahan pariwisata daerah ini.

Ia berharap pemda berinovasi dalam bidang kerja sama investasi pariwisata, agar pengembangan sektor ini benar-benar terwujud.

Sumber pendapatan asli daerah (PAD) di sektor pariwisata belum seberapa padahal potensinya sangat besar.

Ia juga mengingatkan pemda tidak lagi fokus menggelar kegiatan seremonial dalam upaya menarik kunjungan wisatawan, namun harus mampu menggaet investor agar mau menanamkan modalnya di daerah ini.

"Objek-objek wisata yang kita miliki sangat potensial menjadi destinasi wisata baru di Gorontalo bahkan nusantara. Namun diakui sulit berkembang jika tidak melakukan inovasi khususnya membangun fasilitas memadai yang membuat wisatawan tertarik ke daerah ini," ujarnya.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019