Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menyebutkan jika pendapatan dari Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit MM Dunda menyumbang 53 persen dari total Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

"Jumlah ini cukup besar, walaupun pendapatan BLUD dikelola secara mandiri untuk pencatatannya tetap direkonsiliasi dengan pemerintah daerah," ujarnya di Gorontalo, Selasa.

Menurut Nelson, pengelolaan secara mandiri oleh BLUD adalah dalam rangka percepatan dan optimalisasi pelayanan.

Oleh karena itu pemerintah daerah telah mendorong pembentukan BLUD dan pada tahun 2018 sebanyak 11 puskesmas telah beralih status menjadi BLUD, untuk itu diharapkan kedepan agar lebih profesional lagi dalam pengelolaan keuangan.

"Hasil evaluasi dan capaian PAD khususnya pajak dan retribusi daerah sampai dengan minggu ke-3 bulan juli 2019 yang telah disampaikan Sekretaris Daerah mengalami peningkatan," ucapnya.

Nelson menjelaskan jika dibutuhkan suatu tatanan sistem yang terintegrasi untuk berbagai jenis layanan maupun perijinan antar-pemerintah kabupaten, pemerintah kecamatan, desa dan kelurahan, yang dapat menjamin seluruhnya secara akuntabel dan cepat serta akurat.

Nelson mengajak kepada semua elemen masyarakat bersama-sama bekerja,membangun,membantu pemerintah daerah dalam mobilisasi sumber-sumber penerimaan negara maupun daerah.

"Dengan meningkatkan perolehan penerimaan negara dan daerah tentunya akan semakin berpeluang dalam meningkatkan dana alokasi desa," pungkasnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019