Puskesmas merupakan garda terdepan dalam pelayanan kesehatan di setiap daerah, termasuk mendorong para lanjut usia (lansia) hidup sehat dan produktif.

Kepala Puskesmas Kwandang, Yuliana Mizar, di Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Jumat (26/7), mengatakan itu pada pelaksanaan program senam lansia di delapan desa dalam wilayah pelayanannya.

"Sejak Januari 2019, kami menggencarkan program senam lansia dimana pesertanya terdiri dari lansia aktif posyandu usia diatas 60 tahun, maupun para pra lansia usia 45-59 tahun," ujarnya.

Ia mengatakan, usia senja atau lansia tidak bisa dihindari dalam fase kehidupan manusia, namun mereka yang telah memasuki usia tersebut, harus tetap berperilaku hidup sehat, aktif dan produktif.

Diantaranya, rajin memeriksakan kesehatannya di pusat layanan kesehatan maupun posyandu lansia yang digelar di setiap desa.

Posyandu lansia melayani pemeriksaan kesehatan, termasuk memberi konsultasi gizi mengingat di usia tersebut asupan makanan menjadi perhatian penting.

"Lansia rentan berbagai penyakit seperti hipertensi, diabetes, asam urat dan penyakit degeneratif lainnya, namun di usia tersebut belum terlambat melakukan pemeriksaan dini ataupun memeriksakan kesehatan secara intensif agar para lansia tetap hidup sehat dan menjalani aktivitasnya seperti biasa," jelas Yuliana yang juga aktif menjadi pembicara pada kegiatan seminar terkait keberhasilan program layanan kesehatan di tingkat puskesmas.

Senam lansia, tambahnya, akan intensif digelar untuk mengajak para lansia dan pra lansia harus tetap hidup sehat, aktif, produktif, dan mandiri.

"Alhamdulillah respon masyarakat khususnya para lansia sangat baik, mereka mau dan rajin mengikuti senam lansia, bahkan tanpa mengenakan pakaian olah raga mereka tetap bersemangat mengikutinya, seperti yang digelar di Desa Katialada, Kecamatan Kwandang," tuturnya.

Sementara itu, petugas kesehatan Puskesmas Kwandang khusus program lansia, Hania Maria mengatakan, senam lansia yang digelar pihaknya mengundang 30 orang lansia, namun seringkali pesertanya membludak.

"Mereka sangat merespon kegiatan ini, bahkan sering meminta agar digelar setiap pekan," ungkapnya.

Sebelum senam dimulai, pihaknya melakukan cek kesehatan, berupa tensi darah, cek gula darah, asam urat dan kolesterol.
Setelah mengikuti senam, para lansia mendapatkan makanan tambahan, termasuk pemberian susu khusus lansia.

Pihaknya menilai para lansia di daerah itu, khususnya yang masuk dalam wilayah pelayanan Puskesmas Kwandang, cukup aktif memeriksakan kesehatannya melalui posyandu.

Bahkan rata-rata kunjungan didominasi lansia usia 80 tahun ke atas. Mereka yang memerlukan pelayanan lebih intensif pun langsung didampingi untuk memeriksakan kesehatannya di puskesmas.
Program lansia sehat dan produktif melalui senam lansia digelar Puskesmas Kwandang di Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, termasuk penyerahan makanan tambahan dan susu khusus lansia. (Antara/Susanti Sako)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019