Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Gorontalo (BI) Provinsi Gorontalo mengajak masyarakat untuk bijak berbelanja sebagai salah satu upaya dalam mengendalikan inflasi.

Kepala KPw BI Provinsi Gorontalo Budi Widihartarto, Selasa, mengatakan jika peran serta masyarakat dapat membantu dalam mengendalikan inflasi karena merupakan tanggung jawab bersama.

Ia mengaku jika saat ini BI Gorontalo bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) pun senantiasa berupaya mengendalikan inflasi di sektor pangan.

"Kami menggunakan strategi 4K yaitu keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi, dan komunikasi efektif," ujarnya.

Ia menjelaskan jika strategi 4K merupakan empat pilar utama dan pengendalian inflasi.

"Yang pertama adalah keterjangkauan harga yaitu perbaikan mekanisme Operasi Pasar Bulog (OPB), lalu ketersediaan pasokan, dimana bersama pemerintah daerah setempat membentuk cadangan pangan untuk menjaga ketersediaan yang didukung implementasi waktu dan besaran kebijakan impor," ucap Budi.

Selanjutnya adalah kelancaran distribusi dengan memaksimalkan pemanfaatan infrastruktur untuk menghubungkan kerja sama dan perdagangan antardaerah.

"Serta komunikasi efektif yaitu penguatan data komoditas pangan strategis dan sinkronisasi program dalam implementasi peta jalan TPID.

Budi mengungkapkan jika pihaknya bersama TPID provinsi Gorontalo dan TPID kabupaten dan kota di Gorontalo berupaya mengendalikan inflasi di Provinsi Gorontalo dengan menggunakan strategi 4K dalam pengendalian inflasi di sektor pangan.

"Alhamdulillah TPID Provinsi Gorontalo mendapatkan penghargaan TPID Provinsi terbaik 2018 dan TPID Kabupaten Pohuwato mendapatkan penghargaan TPID kabupaten berprestasi 2018 untuk wilayah Sulawesi," pungkasnya.





 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019