Badan Pusat Statistik Provinsi Gorontalo merilis fenomena pertumbuhan ekonomi Triwulan II 2019 dari sisi produksi dan sisi pengeluaran.

Kepala BPS Provinsi Gorontalo, Herum Fajarawati, Rabu, mengatakan dari sisi produksi pengadaan listrik meningkat pada triwulan II.

"pada sisi pengadaan listrik terjual (Kwh) Perusahaan Listrik Negara (PLN) maupun jumlah pelanggan mengalami peningkatan," ujarnya.

Pengadaan air, pengelolaan sampah, limbah dan daur ulang pun tumbuh. Produksi air PDAM meningkat adanya festival Tumbilotohe meningkatkan pengumpulan botol bekas minuman sebagai bahan baku pembuatan lampu minyak.

"Selain itu konstruksi pun meningkat dengan adanya proyek pembangunan pemerintah," ucap Herum.

Selanjutnya adalah administrasi pemerintahan, pertahanan, dan jaminan sosial wajib meningkat, dimana total belanja pegawai baik daerah maupun pusat mengalami peningkatan.

Sedangkan untuk sisi pengeluaran adalah pengeluaran konsumsi rumah tangga (PKRT) tumbuh, yang terjadi pada Hari Raya Idul Fitri, libur sekolah tahun ajaran 2018-2019, pencairan gaji dan tunjangan ke 14 PNS serta Tunjangan Hari Raya karyawan swasta.

"Pengeluaran konsumsi lembaga non profit juga tumbuh, yaitu aktivitas lembaga keagamaan dalam rangka penyelenggaraan ibadah puasa dan haru raya, kampanye Pemilu serentak hingga 13 April 2019, pemungutan suara Pilpres dan Pileg serta DPD," jelasnya.

Serta pengeluaran konsumsi pemerintah (PKP) yang tumbuh yaitu belanja pegawai, belanja barang dan jasa serta belanja bantuan sosial yang meningkat.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019