Legislator Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Matran Lasunte, meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) mendorong para pelaku usaha di daerah itu, untuk sadar pajak.

"Tidak dipungkiri, sumber pendapatan asli daerah (PAD) di daerah ini, masih didominasi dari hasil pendapatan pajak maka perlu bagi Pemkab untuk menggalinya lebih optimal lagi," ujar Matran, Rabu.

Ia mengatakan, dalam pembahasan pihaknya bersama Bidang Pendaftaran, Pendataan dan Pendapatan Badan Keuangan setempat, di ruang Komisi III, terungkap masih banyak pelaku usaha yang belum sadar pajak.

Hal itu harus diseriusi Pemkab kata ia, untuk memaksimalkan sumber pendapatan daerah, apalagi pajak tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah, namun hasilnya pun sangat penting dalam menunjang pembangunan di daerah ini.

Pemkab perlu menggerakkan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD), untuk turut menyosialisasikan pentingnya masyarakat khususnya wajib pajak untuk menunaikan kewajibannya bagi daerah.

Mengingat manfaat pajak digunakan untuk kepentingan pemerintah daerah dalam membangun wilayah ini.

Ia berharap, Pemkab khususnya Badan Keuangan, mampu merancang program yang akan meningkatkan kesadaran masyarakat membayar pajak, khususnya para pelaku usaha seperti pemilik restoran bahkan rumah kost.

Ia optimistis, melalui pendekatan intensif, para wajib pajak khususnya pelaku usaha di daerah itu, akan tergugah bahkan bersemangat untuk melaksanakan kewajibannya membayar pajak.
Komisi III DPRD melakukan pertemuan dengan mitra kerja, diantaranya Badan Keuangan Gorontalo Utara. (Antara/Susanti Sako)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019