Bupati Bone Bolango Hamim Pou terus mengingatkan warga untuk mengantisipasi dampak buruk saat musim kemarau panjang, yakni kebakaran hutan, lahan dan rumah warga.

Menurut Hamim, beberapa daerah di Indonesia terus disibukkan dengan musibah kebakaran hutan dan lahan, termasuk pemukiman warga. Makanya warga Bone Bolango juga harus siaga dan antisipasi.

"Hal-hal kecil pun harus diwaspadai, yakni jangan sembarangan membuang puntung rokok yang masih menyalah ke tempat-tempat yang mudah terbakar," katanya.

Selain masalah ancaman kebakaran, Bupati mengingatkan soal kebersihan lingkungan, karena penting untuk menjaga daerah tetap bersih dan sehat.

Masalah sampah akan menjadi perhatian serius jika warga bebas membuangnya, baik di pekarangan rumah, daerah aliran sungai, kantor-kantor pemerintahan dan sebagainya.

Sebelumnya juga, Komandan Korem (Danrem) 133/Nani Wartabone Kolonel Czi Arnold AP Ritiauw mengatakan, pihaknya siap menindaklanjuti perintah Presiden RI tentang penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

"Korem 133/Nani Wartabone menggelar kegiatan rapat sosialisasi Latihan Terpadu Penanggulangan Bencana Alam Provinsi Gorontalo Tahun 2019 dan siap melakukan penanganan jika terjadi karhutla," ujarnya.

Pada kegiatan sosialisasi itu, Danrem menjelaskan bahwa dalam waktu dekat akan menggelar latihan penanggulangan bencana alam khususnya kebakaran hutan.

"Diharapkan pada pelaksanaan latihan di lapangan nantin akan berlangsung dengan baik sesuai apa yang diinginkan komando atas dimana kegiatan ini merupakan kegiatan TNI yang dilaksanakan oleh Kodam XIII/Merdeka dan diselenggarakan di wilayah Korem 133/Nani Wartabone Provinsi Gorontalo," jelasnya.

Selanjutnya Kasiops Korem 133/Nani Wartabone Mayor Kav Roni Tobigo mengatakan jika kegiatan Penanggulangan Bencana Alam Provinsi Gorontalo tahun 2019 akan melibatkan seluruh dinas terkait dalam penanggulangan bencana yang rencananya akan digelar pada 3 September 2019.

"Kegiatan itu nanti akan diikuti oleh Lanal Gorontalo, Satradar 224 Gorontalo serta instansi Pemerintah Provinsi Gorontalo dan Kabupaten/Kota pada dinas yang terkait dengan kegiatan penanggulangan bencana alam," kata dia.

Pewarta: Adiwinata/Humas

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019