Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo mengapresiasi komitmen pemerintah daerah (pemda) dalam meningkatkan pelayanan dan fasilitas rumah sakit di daerah itu, yaitu RSUD dr Zainal Umar Siddiki, di Desa Bulalo, Kecamatan Kwandang.

Wakil Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Gorontalo Utara Lukum Diko di Gorontalo, Kamis, mengatakan komitmen pemda tersebut diperlukan demi meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

"Jika sudah berkomitmen, seluruh program peningkatan pelayanan dari berbagai aspek, baik fasilitas dan tenaga kesehatan, sudah pasti akan terpenuhi," ujar Lukum juga Anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Kabupaten Gorontalo Utara itu.

Ia mengatakan tidak hanya DPRD secara lembaga, namun Fraksi Golkar pun, sepakat dengan langkah strategis yang disampaikan Wakil Bupati Thariq Modanggu dalam penanganan perbaikan rumah sakit daerah satu-satunya di kabupaten itu.

"Agar rumah sakit benar-benar menjadi rumah sakit, seperti harapan masyarakat," ucapnya.

Ia mengemukakan pentingnyta pemda segera merehabilitasi ruang rawat inap khusus dewasa di RS tersebut yang disebut sudah rusak itu.

Bahkan, diuraikan wakil bupati di akun media sosial miliknya, bahwa pemda berkomitmen mengakomodasi anggaran perbaikan toilet, atap bocor, plafon rusak dan pengecatan, memanfaatkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2019.

Selain itu, beberapa perbaikan lainnya, termasuk upaya memanggil para dokter yang telah merampungkan tugas belajarnya memanfaatkan dana melalui APBD kabupaten setempat.

DPRD berharap, seluruh kebijakan penganggaran untuk peningkatan layanan kesehatan rumah sakit daerah dilakukan dengan cepat dan tepat.

Hal itu, katanya, sebagai langkah penting agar fasilitas yang dibangun dan menyedot anggaran miliaran rupiah, benar-benar dinikmati masyarakat, serta menjadi salah satu sumber pendapatan daerah dari sektor kesehatan.

 

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019