Bantuan satu bus siswa NKRI di Kecamatan Bone di Kabupaten Bone Bolango mulai beroperasi dan dinikmati para pelajar setempat.

Ratusan pelajar bisa pergi-pulang ke sekolah tanpa harus membayar biaya transportasi.

Kepala Sekolah SMK Bone Cirda Hadju, Selasa, mengatakan sekitar 90 siswa sekolah itu sudah menggunakan bus gratis sejak Senin (26/8).

Jumlah itu belum termasuk pelajar di SMK Bone Raya yang ikut merasakan bus bantuan itu

“Alhamdulillah dengan bantuan dari pemprov ini semua masyarakat Bone merasakan manfaatnya. Sudah mengurangi biaya naik bentor dan sebagainya,” katanya di Gorontalo.

Kehadiran Bus Siswa NKRI melengkapi bantuan bus gratis yang diberikan pemprov tahun 2015 lalu.

Bus lama menjemput dari perbatasan kabupaten atau tepatnya di Desa Moodulio, Kecamatan Bone dan bergerak ke arah Barat hingga Kecamatan Bone Raya.

Desa Moodulio berbatasan dengan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Provinsi Sulawesi Utara.

“Bus yang baru diparkir di Desa Sogitia, tapi menjemputnya dari Desa Molamahu terus ke arah Barat di SMA Bone. Setelah itu jalan lagi ke arah Barat untuk menjemput dan mengantar siswa di SMK Bone Raya,” jelas Cirda.

Bus tersebut merupakan bantuan dari Kementerian Perhubungan tahun 2019.

Sebanyak 10 unit diserahkan ke Pemprov Gorontalo, tiga unit diantaranya sudah dibagikan ke Kabupaten Bone Bolango dan Kabupaten Pohuwato.

Untuk menjamin pemanfaatan bus secara gratis, Pemprov Gorontalo melalui Dinas Perhubungan menanggung biaya bahan bakar untuk operasionalisasi harian.

Ia menjelaskan gaji sopir juga ikut ditanggung pemprov.

 

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019