Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara segera menyusun "master plan" atau rencana utama penyelenggaraan pemerintahan berbasis teknologi informatika dan komunikasi (TIK).

Penyusunan master plan melibatkan akademisi, PT Telkom, dan para pengelola TIK di seluruh organisasi perangkat daerah, ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Gorontalo Utara, Robin Daud di Gorontalo, Rabu.

Master plan tersebut akan menjadi pedoman dalam penyelenggaraan e-goverment dan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE).

"Tahun ini kita targetkan penyusunan master plan tersebut rampung, didukung penguatan sumber daya manusia (SDM) pengelola untuk secepatnya merealisasikan penyelenggaraan e-goverment dan SPBE," ucap Robin.

Bupati Indra Yasin pun telah meresmikan pusat layanan informasi berbasis elektronik yang dinamai "Ceria Media Center" (CMC), berlokasi di kantor Diskominfo setempat.
CMC ditargetkan menjadi layanan informasi dan pusat data penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, termasuk penyebarluasan informasi kegiatan pemerintahan daerah kepada publik.

"Sudah saatnya kita menyesuaikan sistem pelayanan pemerintahan daerah berbasis elektronik, tidak saja harus menyesuaikan penyelenggaraan pemerintahan di era revolusi industri 4.0, namun sistem tersebut memang wajib diterapkan dalam rangka penyempurnaan pelayanan pemerintahan yang cepat, tepat dan maju, serta tidak ketinggalan dari daerah lain," kata bupati.

CMC akan menjadi pusat penyelenggaraan pemerintahan daerah dan basis dokumentasi kegiatan pemerintahan dan pembangunan daerah yang terkoneksi dengan provinsi dan pusat.

Juga dapat menjadi sumber utama dalam penyebarluasan informasi dari pemerintah daerah kepada publik.

Bupati berharap, terealisasinya CMC akan menghindari tumpang tindihnya penyebarluasan informasi pemerintahan daerah.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019