Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, meminta pemerintah kabupaten (Pemkab) setempat lebih fokus menggali potensi pendapatan asli daerah (PAD).

Hal itu disampaikan anggota DPRD Kabupaten Gorontalo Utara , Jerri Kiswanto, di Gorontalo, Kamis.

DPRD, kata dia, sangat mendorong capaian PAD agar lebih optimal lagi.

Ini menjadi perhatian DPRD, mengingat potensi yang dimiliki daerah ini sangat besar.

Ia mengaku, melalui alat kelengkapan dewan yang segera dibentuk, DPRD akan memaksimalkan perannya dalam mendorong Pemkab agar lebih fokus dan kreatif meningkatkan PAD.

"Jika perlu, target PAD untuk tahun 2020 bisa menembus angka Rp30 miliar," ujar anggota DPRD dari fraksi Partai Nasdem ini.

Ia sendiri optimistis, dorongan DPRD akan memaksimalkan kinerja Pemkab dalam meningkatkan PAD.

PAD pun kata Jerri, akan berdampak positif bagi kesejahteraan aparatur sipil negara (ASN) di daerah itu, sebab tunjangan kinerja daerah berpeluang naik jika daerah memiliki sumber penerimaan pendapatan yang besar.

Jika PAD naik kata Jerri, otomatis dampaknya luas terhadap perekonomian daerah serta kesejahteraan masyarakat.

Maka DPRD berharap kata dia, agar Pemkab menyeriusi peningkatan PAD dengan menggali lebih dalam lagi potensi-potensi sumber daya alam yang dimiliki.

"Kita jangan bergantung pada pertambahan di sektor pajak saja, namun harus lebih kreatif menggali sumber PAD murni yang dikembangkan melalui potensi yang dimiliki, diantaranya di sektor pariwisata dan perikanan," ujarnya.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019