Pembangunan "Base Transceiver Station" (BTS) di Tombulilato, Kecamatan Atinggola, Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, segera terealisasikan, menyusul penandatanganan "design review meeting" yang dilakukan Wakil Bupati Thariq Modanggu, mewakili Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat, di Bali.

"Penandatanganan berita acara tersebut, dilakukan bersama pihak Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Komunikasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika, operator seluler, penyedia tower dan Pemkab, dalam rangka merealisasikan tower di Desa Tombulilato," ujar Wakil Bupati, Kamis.

Pada penandatanganan tersebut, ia didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu, Dinas Pekerjaan Umum dan Dinas Lingkungan Hidup.

Pemkab kata Wakil Bupati, telah memastikan jika lahan yang disiapkan untuk merealisasikan tower Tombulilato, telah rampung.

Artinya kata dia, sebagai lokasi pembangunan tower sudah benar-benar legal, ditandai dengan penyerahan surat hibah lahan dari Kepala Desa ke Dinas Komunikasi dan Informatika setempat.

"Sehingga lahan untuk tower Tombulilato, dipastikan sudah siap dan bebas masalah," ucapnya.

Nantinya, tower tersebut akan menggunakan layanan operator seluler dari pihak Telkomsel.

Wakil Bupati meyakini, masyarakat memberi dukungan penuh terhadap terealisasinya tower BTS tersebut.

Mengingat menjadi solusi bagi masyarakat di wilayah terdepan, terluar dan tertinggal (3T) untuk mendapatkan akses komunikasi yang lebih luas.

"Ini kabar gembira bagi masyarakat di wilayah timur khususnya di Tombulilato, Atinggola," ujar Wakil Bupati.

Ia berharap, program "Merdeka Sinyal" 2020, akan menjangkau seluruh wilayah di kabupaten itu, sehingga akan mendorong terwujudnya program pemkab dalam meningkatkan potensi perekonomian dari desa, memanfaatkan digital media.

"Di era digital saat ini, mau tidak mau kita harus bisa menyesuaikan dengan kedigitalisasian yang ada, apalagi untuk mengangkat potensi desa maka perlu mengikuti perkembangan publikasi yang paling cepat menyedot perhatian masyarakat," ujar Wakil Bupati.

Ia berharap, program "Merdeka Sinyal" juga menghilangkan seluruh blank spot di daerah itu.
Wakil Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu, melakukan penandatanganan berita acara design review meeting, bersama pihak BAKTI Kementerian Komunikasi dan Informatika, penyedia tower, operator seluler, terkait pembangunan BTW di Desa Tombulilato, Kecamatan Atinggola. (ANTARA/humas)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019