Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Bupati Gorontalo, David Bobihoe Akib, Sabtu, mengatakan, pemerintah kabupaten (pemkab) yang dipimpinnya membutuhkan peran swasta untuk mengembangkan sektor olah raga.

"Partisipasi swasta masih sangat kurang untuk mengembangkan olah raga di daerah ini, padahal pemerintah daerah sangat membutuhkan dukungan dari berbagai pihak," ujar bupati, di Limboto, pada pembukaan kejuaraan Karate Bupati Cup, di gedung Convention Center, Universitas Gorontalo (UG).

Ia mengatakan, peran pihak swasta dalam pengembangan bidang olah raga di daerah ini, akan memberi warna khusus dalam membangun mental sportifitas para atlet daerah.

"Belum ada partisipasi pihak swasta secara serius, seperti bersedia menjadi bapak angkat untuk pembinaan bakat para atlet kita," kata bupati.

Pemkab sendiri kata ia, sangat serius mengembangkan olah raga di daerah, seperti membangun sarana dan prasarana memadai diantaranya, pembangunan "Sport Center" yang sudah dimanfaatkan.

Pengelolaannya pun dilakukan optimal, agar pembinaan olah raga benar-benar menghasilkan bibit-bibit atlet profesional yang akan mendulang banyak prestasi dan mengharumkan nama daerah.

Untuk tahun anggaran 2014 ini, pemkab menyiapkan anggaran sebesar Rp20 juta untuk pembinaan olah raga di setiap desa.

Kegiatan tersebut, dihadiri ketua KONI Kabupaten Gorontalo, Helmi Hippy dan pengurus cabang olah raga karate.

Helmi berharap, peran KONI dalam meningkatkan prestasi olah raga di daerah ini mendapat dukungan penuh pemerintah daerah.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2014