Sekretaris Tim Penggerak PKK Kabupaten Gorontalo, Sesca Uno berharap setiap Posyandu di daerah itu lebih berperan aktif dalam menurunkan angka kematian ibu dan bayi.

"Sebagai upaya untuk lebih menurunkan angka kematian ibu dan bayi, Posyandu harus lebih berperan aktif, utamanya dalam memberikan bimbingan pada petugas dalam memberikan pelayanan terhadap ibu hamil dan balita," ujarnya di Gorontalo. 

Ia mengatakan jika Posyandu adalah milik masyarakat desa dan menjadi tugas PKK Kecamatan dan Desa untuk meningkatkan jumlah balita ke Posyandu dengan target seratus persen.

"Hal ini untuk mencegah terjadinya balita stunting dan ibu hamil, kurang gizi," ungkapnya.

Sesca juga menjelaskan, PKK adalah penggerak utama sasaran di wilayah dalam menggerakkan Dasawisma sebagai kelompok terkecil dari kelompok-kelompok PKK, serta memiliki peran strategis mewujudkan keluarga sejahtera.

Menurutnya, Posyandu merupakan salah satu kegiatan yang harus ditingkatkan pelayanannya dalam meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat.

"PKK dan Dasawisma harus mengkoordinir pelaksanaan penimbangan balita di Posyandu, sehingga terbentuk kemandirian orang tua balita untuk datang membawa anaknya ke Posyandu, dimana setiap satu Dasawisma bertanggungjawab pada 10 – 20 anak balita," kata dia.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019