Pemprov Gorontalo akan mengirimkan lima ribu ekor sapi ke Balikpapan, Kalimantan Timur secara bertahap.

Wagub Gorontalo Idris Rahim, Kamis, mengatakan sebanyak 167 ekor sapi milik peternak se Provinsi Gorontalo telah dikirim pada Rabu (9/10).

Pengiriman ternak sapi tersebut untuk pertama kalinya menggunakan kapal tol laut KM. Camara Nusantara 5.

Pengiriman ternak sapi ke Balikpapan menggunakan kapal tol laut hanya dikenakan tarif sebesar Rp700 ribu per ekor.

Biaya itu lebih murah dibanding pengiriman yang selama ini menggunakan transportasi darat ke Palu, Sulawesi Tengah sebesar Rp1,2 juta.

Selain tarif yang lebih murah, kesehatan ternak sapi selama dalam pengiriman juga terjamin karena kapal tol laut memiliki awak khusus yang terdiri dari dokter hewan dan tenaga perawat.

“Pengangkutan ternak sapi dengan kapal tol laut ini merupakan terobosan Pemprov Gorontalo. Selain mampu memangkas biaya, ternaknya juga aman, ada asuransinya, serta dikawal oleh dokter hewan,” kata Kepala Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo Muljady D. Mario.

Muljady menambahkan untuk ternak sapi, Provinsi Gorontalo telah mencapai swasembada dengan populasi saat ini mencapai 240 ribu ekor.

Setiap tahun permintaan sapi dari Gorontalo untuk dikirim ke daerah lain meningkat sekitar 30 hingga 40 persen.

Bagi peternak yang akan mengirim ternaknya antar pulau harus memenuhi sejumlah syarat, diantaranya dokumen karantina serta rekomendasi dari Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo terkait lalu lintas ternak.

“Kami tentunya menghitung kebutuhan ternak di Gorontalo. Kalau populasi kita sudah tidak aman untuk kita kirim, maka kami tidak akan keluarkan rekomendasi. Tetapi jika berlebih, pasti akan kita beri rekomendasi. Jika sekali kirim 200 ekor, itu terbilang kecil,” tambahnya.

Kapal tol laut khusus ternak ini dilengkapi dengan sejumlah fasilitas, untuk menjamin kesehatan ternak sapi tetap terjaga selama dalam pengiriman.

Fasilitas diantaranya pengatur suhu ruangan yang disesuaikan dengan suhu ideal bagi sapi, tenaga perawat kesehatan sapi, serta tempat pakan dan minum yang didesain khusus untuk kenyamanan ternak sapi.

Kelebihan lainnya, setiap sapi yang diangkut dengan kapal tol laut diasuransikan,sehingga jika terjadi kematian dalam perjalanan akan mendapatkan penggantian.**

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019