Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Wakil Gubernur (Wagub) Gorontalo Idris Rahim, mengimbau masyarakat di daerah itu untuk mendukung Menteri Perdagangan Rahmat Gobel, agar sukses dalam kinerjanya membangun Indonesia.

"Selain Rahmat putra daerah Gorontalo, kita wajib mendukungnya karena Gorontalo sendiri sangat membutuhkan peningkatan dan perbaikan di bidang perdagangan," ujar wagub di Gorontalo, Senin.

Dukungan masyarakat tersebut, kata dia, sebaiknya berupa sumbangan ide maupun pemikiran terkait inovasi di bidang perdagangan.

Idris berpendapat, terpilihnya Rahmat Gobel sebagai Menteri Perdagangan RI sangatlah tepat.

Menurutnya, sosok Rahmat memiliki potensi, kompetensi, dan pengalaman yang tidak perlu diragukan lagi, karena telah dibuktikan dengan keberhasilannya membangun usaha dan menjadikannya sebagai pengusaha nasional yang sukses.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan melakukan ziarah ke makam kedua orang tuanya di Kompleks Pesantren Hubulo Kecamatan Tapa, Kabupaten Bone Bolango dan Kota Gorontalo.

Rombongan Rahmat bersama istrinya disambut secara adat di ruang VIP Bandara Jalaluddin Gorontalo dan melanjutkan ziarah ke komplek pekuburan ibundanya di Masjid Baiturahim Kota Gorontalo, kemudian ke makam ayahnya di Pesantren Hubulo Kecamatan Tapa.

Usai melakukan ziarah, dilanjutkan dengan prosesi adat di Rumah Adat Gobel, ia kemudian menghadiri acara syukuran dan doa bersama atas terpilihnya sebagai Menteri Perdagangan RI pada Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo.

"Kunjungan saya kali ini memang hanya untuk tujuan melakukan ziarah ke makam kedua orang tua dan leluhur saya," kata Rahmat .

Ia menjelaskan, ketika dirinya mengikuti prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah, dirinya teringat kampung halaman, kedua orang tuanya, serta para tokoh-tokoh masyarakat Gorontalo yang selama ini telah memberi dukungan kepadanya. 

Pewarta: Debby Hariyanti Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2014