Bupati Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Nelson Pomalingo memastikan kesiapan lahan untuk pembangunan fasilitas Sekolah calon bintara (Secaba) di wilayah tersebut.

"Pembebasan lahan pembangunan Secaba tidak bermasalah dan tinggal selangkah lagi terwujud," ujar Nelson di Gorontalo, Selasa.

Bupati Nelson mengatakan, telah melakukan konsultasi dan koordinasi di Kementerian Agraria dan Tata Ruang.

Ia didampingi Asiten I, Selmin Papeo, Kepala Dinas Perkim, Doni Lahati, Kepala Bagian Ekonomi dan Pembangunan, Erwan Tone, termasuk pemilik lahan yang akan dijadikan lokasi pembangunan Secaba.

Di Kementerian Agraria dan Tata Ruang, Bupati Nelson bertemu dan berkonsultasi langsung dengan Dirjen Pengadaan Tanah, didampingi dua direkturnya.

"Intinya, kesiapan lahan sudah sangat matang," ungkapnya.

Menurut dia, yang paling penting dipenuhi adalah prosedur dan tahapan-tahapannya yang telah dilalui secara sistematis sesuai undang-undang yang berlaku.

"Pemerintah daerah pun telah menyosialisasikannya kepada masyarakat, termasuk kesepakatan-kesepakatan yang dilakukan," ucap Nelson.

Lebih lanjut Nelson mengatakan, apa yang dilakukan pemerintah daerah adalah untuk mempercepat pembangunan Secaba tersebut.

"Maka konsultasi pun dilakukan berulang, agar nanti tidak bermasalah hukum, termasuk telah membuka ruang komunikasi dengan keluarga pemilik lahan yang telah menyatakan kesiapan mereka," tambah Nelson.

Ia memastikan, sekembalinya ke Gorontalo, akan segera mempersiapkan dan melengkapi datanya.

"Termasuk pemilik HGU dan akan dilanjutkan dengan pembicaraan bersama pihak Pertanahan, untuk melengkapi seluruh prosedur yang ada," imbuh Nelson.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019