Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango menilai, temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas kinerja penyedian air bersih tahun 2013 dan semester I tahun 2014, bisa menjadi bahan koreksi.

Asisten II bidang perekonomian dan keuangan Pemkab Bone Bolango Tanwir Ali mengatakan, Selasa, mengatakan, ada 10 temuan dari hasil pemeriksaan kinerja penyediaan air bersih tersebut, dan sebaiknya itu menjadi bahan masukan bagi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Bone Bolango untuk dibenahi.

Tanggung jawab dari hasil temuan pemeriksaan BPK-RI tersebut bukan hanya di PDAM, namun secara keseluruhan menjadi kewajiban Pemerintah Kabupaten Bone Bolango.

"Karena di sini juga melibatkan Dinas Pekerjaan Umum, Badan Lingkungan Hidup, dan Dinas Kesehatan serta Satuan Kerja Perangkat Daerah terkait lainnya," kata Tanwir.

Dengan temuan BPK itu, kinerja dari PDAM Bone Bolango bisa lebih baik lagi, sehingga bisa melayani masyarakat dengan maksimal, termasuk peningkatan profesionalitas karyawan didalamnya.

Sebelumnya Tanwir Ali mengatakan bahwa tim BPK telah datang ke Kabupaten Bone Bolango untuk menyerahkan langsung hasil temuan pemeriksaan.

Pemeriksaan kinerja penyediaan air bersih tahun anggaran 2013 dan semester I tahun 2014 pada pemerintah daerah Kabupaten Bone Bolango, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bone Bolango, dan instansi terkait lainnya.

"Jadi BPK sudah melaksanakan tugas pemeriksaan selama 35 hari di daerah ini, dan pokok-pokok hasil pemeriksaan itu sudah disampaikan ke kita sebagai pemerintah daerah untuk dijawab dan ditanggapi," kata Tanwir.

Pewarta: Wahiyudin Mamonto

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2014