Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp31,7 miliar untuk sektor kesehatan, pada tahun anggaran 2013.

Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin, Minggu, mengatakan, anggaran yang bersumber pada APBD tahun 2013 itu, akan membiayai seluruh program unggulan di bidang kesehatan khususnya peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

"Didukung dengan alokasi anggaran tugas pembantuan bersumber dari APBN sebesar Rp1,4 miliar," jelas Bupati pada penarikan mahasiswa program Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Politekes Gorontalo di Kecamatan Atinggola.

Menurut bupati, anggaran paling banyak terserap untuk pelayanan kesehatan gratis melalui Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) kepada 24.824 jiwa, Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) untuk 48.673 jiwa.

Serta alokasi tambahan program Jaminan Kesehatan Semesta (Jamkesta) dari pemerintah provinsi bagi 37.237 jiwa.

Pemkab juga akan merevitalisasi 2 unit puskesmas dan 5 unit Puskesmas Pembantu (Pustu), membangun 4 unit Poskesdes, dan 1 unit gudang obat di rumah sakit dr.Zainal Umar Sidiqi.

Serta pemberian honor kepada 224 dukun terlatih, 720 kader kesehatan, 558 SUB PPKBD dan PPKBD serta pemberian intensif kepada tenaga dokter ahli.

Khusus untuk masyarakat di Kepulauan Ponelo dan Dudepo, akan disediakan 1 unit perahu Puskesmas Keliling serta pembangunan 130 unit jamban keluarga.

"Pemkab berharap, alokasi anggaran tersebut mampu mendorong kesehatan masyarakat dan pencapaian indeks pembangunan manusia di daerah ini," ungkap Bupati.

Pewarta: Oleh Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2013