Semarang, (ANTARA GORONTALO) - Tunggal putra Indonesia Simon Santoso gagal melewati babak pertama Kejuaraan Bulu Tangkis Yonex-Sunrise Hong Kong Open setelah dikalahkan pemain Prancis Brice Leverdez.

Berdasarkan laman PBSI yang dikutip di Semarang, Jateng, Rabu, menyebutkan Simon yang menempati peringkat 29 dunia ini kalah dari pemain Prancis yang menempapati peringkat 22 dunia dengan rubber game 21-14,19-21,19-21.

Meskipun Leverdez memiliki peringkat yang lebih tinggi tetapi sebetulnya Simon masih unggul dari segi teknik permainan dan pengalaman. Absen berbulan-bulan dari kancah perbulutangkisan dunia akibat penyakit demam berdarah membuat peringkat Simon merosot tajam.

Pada game pertama, perolehan skor berlangsung sengit karena Leverdez sudah langsung melancarkan serangan bertubi-tubi ke pertahanan Simon. Kedudukan sempat imbang 8-8 sebelumnya, akhirnya Simon kembali menguasai permaianan di interval game pertama dan terus unggul.

Pada game kedua, sebenarnya Simon sudah unggul 19-16 dan hanya memerlukan dua angka untuk menyudahi permainan ini tetapi Simon gagal menahan serangan yang dihujamkan lawannya. Leverdez merebut game kedua sehingga dimainkan game penentuan atau ketiga.

"Saat sudah unggul, saya terlalu terburu-buru ingin memenangkan pertandingan. Saya juga merasa bermain kurang tenang, walaupun sudah memimpin perolehan angka, bawaannya mau cepat-cepat game saja," kata Simon Santoso.

"Sudah lama tidak bertanding juga membawa pengaruh pada penampilan saya, ada rasa gugup. Selain faktor nonteknik ini, dari segi teknis kecepatan dan kekuatan saya juga belum kembali seratus persen, masih harus berlatih lebih keras lagi," ujar Simon.

Dengan kemenangan ini maka Leverdez memperbaiki skor pertemuan melawan Simon Santoso menjadi 1-1. Sebelumhya pada kejuaraan China Open Super Series 2011, Leverdez dikalahkan Simon dengan 16-21,15-21.

Pada babak kedua kejuaraan bulu tangkis berhadiah total 350 ribu dolar Amerika ini, tunggal putra Prancis tersebut akan menghadapi pemain Denmark Viktor Axelsen yang sebelumnya membuat kejutan dengan menyingkirkan unggulan keempat Kenichi Tago dengan dua game langsung 21-15,23-21.

Kemudian pada nomor ganda putra, pasangan Angga Ptayama/Ricky Karanda Suwardi gagal membendung laju unggulan pertama Lee Yong Dae/Yoo Yeon Seong. Mereka kalah dengan dengan dua game langsung 20-22,23-25 dalam waktu 50 menit.

Sedangkan unggulan kedua pasangan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan melangkah ke babak kedua setelah menyingkirkan pasangan India Manu Attri/B Sumeeth Reddy dua game langsung 21-15,21-17.

Pada nomor ganda campuran pasangan baru Praveen Jordan/Liliyana Natsir melaju ke babak kedua setelah mengalahkan pasangan Belanda Jacco Arends/Selena Piek dengan dua game langsung 21-8,21-17.

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2014