Puskesmas Dungaliyo, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo meraih penghargaan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI pada acara Anugerah Menteri Kesehatan RI tahun 2019 dalam rangka Hari Kesehatan Nasional ke 55 tahun 2019.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo, Roni Sampir, Selasa, mengatakan Puskesmas Dungaliyo meraih predikat terbaik ketiga pada kategori Puskesmas Pedesaan Berprestasi.

"Ini sebagai satu penghargaan bagi pemerintah dan masyarakat Kabupaten Gorontalo. Pasalnya, dari 1.010 puskesmas kategori pedesaan seluruh Indonesia yang dinilai Puskesmas Dungaliyo terbaik tiga," ujarnya.

Dengan prestasi tersebut kata Roni, ke depan Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo akan melakukan langkah-langkah perbaikan baik dari program maupun sarana prasarana, sehingga prestasi Puskesmas Dungaliyo lebih meningkat.

Menurutnya, kalau melihat varibel penilaian sebenarnya dari segi program Puskesmas tersebut, memiliki banyak inovasi-inovasi yang menjadi tempat studi tiru dari daerah lain.

"Seperti program inovasi dalam rangka penurunan angka stunting dan inovasi Germas, namun demikian yang menjadi perhatian Dinas Kesehatan ke depan adalah pemenuhan sarana prasarsna seperti alat kesehatan (alkes) dan alat penunjang lainnya," jelas Roni.

Ia mengaku akan melakukan evaluasi dan perbaikan di seluruh puskesmas di Kabupaten Gorontalo, tujuannya adalah dalam rangka peningkatan mutu pelayanan kesehatan di daerah itu.

 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019