Legislator Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Roni Imran, Rabu, mengatakan, sangat mengapresiasi dukungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Koperasi Perindustrian Perdagangan dan UMKM, dalam pendirian koperasi di daerah itu.

"Keberadaan koperasi saat ini sangat penting, sebagai salah satu pilar pendukung pertumbuhan ekonomi daerah, sebab jika manajemennya dikelola dengan baik dan produktif, maka dampaknya akan terasa hingga ke pelaku usaha mikro dan kecil," ujar Wakil Ketua I DPRD tersebut.

Maka kata dia, pendirian koperasi perlu didukung penuh."Pemkab telah membuktikannya, sehingga tidak ada alasan jika target pendirian koperasi di daerah ini sepanjang tahun 2019, tidak akan tercapai," ujar Roni.

Politikus NasDem ini pun meminta, agar dukungan tersebut disertai dengan kemudahan perizinan pendirian koperasi.

"Jika perizinan dipermudah, sudah pasti membuka peluang yang sangat besar terhadap pendirian dan masa depan koperasi di daerah ini," ucapnya.

Roni pun telah menginisiasi pembentukan salah satu unit koperasi yang dinamai, Koperasi Gorontalo Utara Maju (Kagum) yang ditargetkan membuka peluang ekonomi produktif bagi masyarakat, khususnya petani di daerah itu.

"Pembentukan koperasi perlu didukung, sebab akan menjadi salah satu badan usaha yang membuka pertumbuhan ekonomi di sektor rill," tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Koperasi Perindustrian Perdagangan dan UMKM setempat, Helmi Potutu mengatakan, targetnya ada 5 unit koperasi didirikan di tahun 2019 ini.

"Setiap tahun, kami mendorong pendirian koperasi juga menargetkan jumlahnya, dengan harapan semakin banyak koperasi hadir dan bertumbuh," ujarnya.

Pihaknya pun kata Helmi, akan memberikan pendampingan agar pendirian koperasi dapat lancar hingga berbadan hukum atau legal beroperasi.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019