Bupati Bone Bolango Hamim Pou ikut mendampingi peserta kegiatan operasi bibir sumbing gratis yang dilaksanakan oleh Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Gorontalo bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Bone Bolango di RSUD Toto Kabila.

Hamim Pou di Gorontalo, Senin, mengatakan bahwa dalam operasi bibir sumbing gratis itu melibatkan 10 dokter gigi dari Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan.

Ia mengemukakan pentingnya perhatian bagi masalah bibir sumbing di kalangan warga.

"Mungkin dari sisi jumlah, tidak banyak, tapi itu tetap memprihatinkan. Salah satu penelitian, faktor (penyebab) bibir sumbing ini adalah faktor genetik atau keturunan," katanya.

"Saya mengajak kepada masyarakat untuk menghindari pernikahan sedarah maupun keluarga yang terlalu dekat. Hal ini bisa mempengaruhi keturunan, termasuk keturunan bibir sumbing," ia menambahkan.

Ia juga menyampaikan penghargaan pemerintah daerah kepada PDGI Cabang Gorontalo.

"Khususnya tim dokter yang sudah bekerja luar biasa. Saya di dalam ruang operasi sekitar satu jam, melihat langsung dari awal sampai akhir operasi selesai. Kerja-kerja dokter ini sangat luar biasa pahalanya," katanya.
 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019