Wakil Bupati Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Thariq Modanggu, mengatakan jika sektor pariwisata di daerah itu berpeluang menjadi kawasan ekonomi khusus (KEK).

"Kita perlu fokus mengembangkan pariwisata, maka pengembangannya memerlukan dukungan konsep yang tepat, di antaranya dengan menetapkan KEK pariwisata," ujar Wabup Thariq di Gorontalo, Senin.
.
Rencananya kata dia, Pulau Saronde yang secara potensial sudah berkembang lama, perlu didorong lebih cepat.
Maka Pemerintah kabupaten merancangnya dalam konsep "Saronde RING".

RING adalah Tourism Interland Geopark, mengingat Gorontalo Utara memiliki taman alam yang layak dikembangkan secara interkoneksi menjadi kawasan Geopark.

Jika Dewan KEK Nasional dapat menetapkan KEK Pariwisata di daerah ini, artinya akses bagi para investor akan semakin terbuka yang difasilitasi oleh pemerintah kabupaten.

Ke depan, kata dia, pengembangan KEK Pariwisata akan terpusat di Pulau Saronde di Kecamatan Ponelo Kepulauan, didukung oleh keberadaan objek wisata lainnya, seperti kawasan wisata Minanga di Kecamatan Atinggola, yang akan menonjolkan kegiatan budaya dan keindahan beberapa situs alam yang dimiliki, seperti Ota Jin, serta keberadaan Benteng Oranye di Kecamatan Tomilito, Benteng Mas di Kecamatan Kwandang dan objek wisata pulau di kecamatan lainnya.

Dengan begitu, kata dia, sajian wisata di daerah ini dipastikan beragam, karena seluruh objek wisata yang dimiliki saling terhubung satu sama lainnya, sehingga mampu menjadi KEK pariwisata yang mudah menarik perhatian dan cepat tumbuh.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019