Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Bupati Bone Bolango Hamim Pou mengatakan bahwa paradigma masyarakat terhadap pekerjaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) harus diubah.

Menurut Hamim, Jumat, hingga saat ini semakin banyak lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat bahkan sampai lulusan perguruan tinggi yang bingung dalam memilih kerja.

Karena yang ada dalam benak mereka, kerja itu harus PNS, sehingga hal itu harus diubah dan pemerintah Kabupaten Bone Bolango sejak Tahun 2013 telah mengupayakan hal itu.

"Sejak tahun lalu putra-putri Bone Bolango diikutkan dalam program magang di PT Panasonic Gobel, Jakarta untuk dilatih kultur dan budaya kerja negara Jepang," kata Hamim.

Hamim menambahkan, diharapkan kelak, ketika selesai magang di PT Pansonic Gobel, mereka yang mengikuti program tersebut menjadi pribadi yang mandiri dan mampu mengajak teman-temannya yang lain untuk belajar berwirausaha.

Untuk program magang yang sama, di Tahun 2014 ini lanjut Hamim, waktunya akan lebih lama dibanding pada Tahun 2013 kemarin.

"Kali ini lamanya ada setahun, dibanding sebelumnya hanya beberapa bulan saja," ujar Hamim.

Hamim menegaskan, setelah pulang dari magang nanti, Pemerintah Kabupaten Bone Bolango akan tetap memperhatikan para peserta, dengan memberi modal usaha pada mereka dan diharapkan bisa bergerak menciptakan lapangan kerja baru sesuai apa diperoleh dari pelatihan di Panasonic Gobel.

Pewarta: Wahiyudin Mamonto

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2014