Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Bupati Bone Bolango Hamim Pou mengapresiasi dua "konsensus" baru petani di daerah tersebut, sebagai bagian dari upaya meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani.

Menurut Hamim, Jumat, kedua konsensus baru petani di Bone Bolango yang disepakati dalam forum sambung rasa, diantaranya mengubah indeks pertanaman padi setiap tahun menjadi tiga kali musim tanam maupun musim panen.

Selanjutnya, membentuk koperasi pertanian Kabupaten Bone Bolango dan rencananya kedua hal itu akan diwujudkan mulai tahun 2015.

"Dengan membangun konsensus baru, yakni mengubah indeks pertanaman padi setiap tahun menjadi tiga kali musim tanam, itu artinya setiap tahun harus ada tiga kali panen," kata Hamim

Dengan demikian lanjut Hamim, maka produksi dan produktifitas hasil pertanian padi juga akan naik dan bisa berdampak pada peningkatan pendapatan dan kesejahteraan para petani.

Apalagi, konsensus tersebut didukung dengan sumber pengairan yang melimpah di Kabupaten Bone Bolango, sementara selama ini sawah hanya 2 kali ditanami padi dalam setahun oleh para petani.

"Saya yakin dengan konsensus ini, pasti akan mempercepat pengurangan kemiskinan di Kabupaten Bone Bolango," ujar Hamim.

Begitu juga untuk konsensus pembentukan koperasi Pertanian Kabupaten Bone Bolango, hal itu penting dalam rangka untuk menghidupkan dunia koperasi.

Pewarta: Wahiyudin Mamonto

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2014