Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Wakil Bupati (Wabup) Bone Bolango, Kilat Wartabone meminta PT Gorontalo Minerals (GM), salah satu perusahaan pertambangan di daerah itu, untuk menyisihkan wilayah pertambangan untuk rakyat.

Menurut Kilat, Jumat, PT GM untuk bersama-sama bekerja sama dengan masyarakat, khususnya masyarakat penambang di daerah tersebut.

Sebab, sebelum PT GM membuka usaha pertambangan di Kabupaten Bone Bolango, wilayah tersebut sudah dikuasai masyarakat, yakni pertambangan rakyat.

"Jangan lupa pertambangan rakyat disisihkan untuk masyarakat penambang, agar mereka tidak kehilangan pekerjaan," kata Kilat.

Kilat mengatakan, permintaan tersebut sengaja disampaikannya mengingat dirinya adalah pelaku pertama dalam pertambangan rakyat di wilayah Kabupaten Bone Bolango.

Saat Instruksi Presiden diturunkan, yaitu mengenai masalah Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBNW) tahun 1992, ketika itu dirinya sedang mengelola tambang rakyat.

Sementara itu, Manager Geology dan Development PT GM Dedy Hendrawan menjelaskan, pihaknya sangat berterima kasih atas masukan, tanggapan, saran maupun pendapat dari semua pemangku kepentingan, terutama dari pemerintah daerah.

"Semua akan menjadi bahan pertimbangan kami," kata Dedy.

Pewarta: Wahiyudin Mamonto

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2014