Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menghadiri dan menjadi Inspektur Upacara pada peringatan Hari Patriotik 23 Januari 1942 di Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Kamis.

"Kita patut berterima kasih kepada pendahulu kita, baik pemimpin nasional dan daerah atas perjuangan dan kerja keras mereka serta dukungan sepenuh hati dari seluruh rakyat Gorontalo," ujarnya.

Ia menjelaskan jika upacara tersebut merupakan hari peringatan kemerdekaan Gorontalo dari penjajahan Belanda pada tahun 1942 serta deklarasi 20 tahun pembentukan Provinsi Gorontalo.

"Pada hari Jumat 23 Januari 1942 bagi masyarakat Gorontalo menjadi momentum yang selalu dikenang di bawah kepemimpinan pahlawan Nani Wartabone, ribuan rakyat Gorontalo turun ke jalan tanpa memandang suku, agama dan jabatan menuju Kota Gorontalo dan mengambil kekuasaan dari Belanda," ucapnya.

Zainudin menceritakan jika pada saat itu rakyat Gorontalo memancangkan bendera merah putih di depan kantor Pos Gorontalo sebagai simbol telah merdekanya daerah itu dari Belanda.

"Sebagai masyarakat Gorontalo, Kita patut bersyukur dan menjadikan peristiwa 23 Januari sebagai inspirasi dan motivasi untuk mengisi kembali setiap detik kehidupan daerah ini dengan karya dan prestasi," ujar putra daerah Gorontalo tersebut.

 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020