Sejumlah pejabat daerah Gorontalo hingga luar daerah mengapresiasi penganugerahan gelar adat Pulanga dari Lembaga Adat Gorontalo kepada Bupati Bone Bolango Hamim Pou.

Sebelumnya, Hmim Pou dianugerahi gelar adat Pulanga "Tauwa Lo Lingguwa" yang artinya pemimpin yang berkerja keras arif dan bijaksana pada Senin.

Gubernur Kalimantan Utara Udin Hianggio mengatakan jika gelar tersebut mengingatkan para pejabat apa yang dinasehatkan oleh petinggi petinggi adat adalah pesan-pesan yang positif.

"Mudah mudah dengan adanya pulanga ini akan memotivasi kita, sebab jabatan ini adalah amanah yang diberikan Allah kepada kita ini yang menjadi pendorong kita untuk berbuat baik kepada masyarakat," ujarnya.

Udin pun berharap dengan gelar tersebut, Hamim Pou ke depan dapat membangun Gorontalo menjadi lebih baik.

Sementara itu, Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin pun mengucapkan selamat atas gelar adat Pulanga tersebut.

"Mudah mudahan dengan gelar adat ini beliau dituntun hatinya, adat ini menuntun kita bagaimana mengucap, bertingkah laku di tengah-tengah masyarakat," ungkap Indra.

Hal serupa disampaikan oleh Bupati Banggai laut, Wenny Bukamo ia mengapresiasi penganugerahan tersebut dan berharap adat Gorontalo harus terus dilestarikan.

"Adat harus kita lestarikan dan harus terus kita pertahankan agar tidak punah," pungkasnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020