Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo mengapresiasi pengabdian para dokter internship penugasan Kementerian Kesehatan RI di daerah tersebut.

"Pengabdian para dokter intenship sangat berarti, mengingat daerah ini sangat memerlukan tenaga dokter dalam menunjang pelayanan kesehatan yang diterapkan," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gorontalo Utara, Ridwan Yasin, di Gorontalo, Kamis.

Ia mengungkapkan hal itu setelah menerima 13 dokter internship yang telah menyelesaikan masa pengabdian selama satu tahun, sealama 2019, di kabupaten itu, dengan bertugas di Puskesmas Molingkapoto, Kecamatan Kwandang dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Zainal Umar Siddiki Kabupaten Gorontalo Utara.

Pada Tahun Anggaran 2020, Pemkab Gorontalo Utara akan melakukan pembenahan infrastruktur, khususnya fasilitas yang akan menunjang keberadaan para dokter yang bertugas di daerah itu.

Pembenahan itu, antara lain membangun rumah tinggal bagi para dokter dan merenovasi Puskesmas Kwandang di ibu kota kabupaten itu.

Ia menyebut sarana dan prasarana penunjang pelayanan kesehatan masyarakat sebagai kebutuhan penting untuk disiapkan.

"Agar kita tidak sekadar mengundang mereka untuk mau menetap, mengabdi di daerah ini, namun pemkab berkomitmen dengan menjamin fasilitas yang akan mendukung kinerja pelayanan para dokter," kata dia.

Di samping itu, katanya, melalui pemberian honor dan peningkatan insentif para dokter yang bersedia tinggal dan mengabdi di daerah tersebut.

Perhatian kepada mereka itu, kata dia, sebagai bagian dari komitmen pemkab memenuhi kebutuhan peningkatan pelayan kesehatan masyarakat setempat.

"Kita berupaya setiap tahun, para dokter internship yang ditempatkan di daerah ini, akan tertarik untuk kembali menetap mengabdi," katanya.
 

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020