Legislator Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Wisye Pangemanan, mengaku bangga bisa merayakan "Tulude" yakni upacara adat ucapan syukur tahun baru 2020, bersama masyarakat dan jemaat Gereja Hermon, Desa Tolinggula Tengah, Kecamatan Tolinggula.

"Saya bangga, masyarakat bisa melestarikan kegiatan adat ini, bahkan mampu mempertebal kerukunan antar umat beragama," ungkap anggota Komisi III DPRD dari Fraksi Partai Golkar, Jumat.

Wisye mengaku terharu, bisa berada di tengah-tengah masyarakat dan jemaat Gereja Hermon, termasuk warga se-wilayah 5, yaitu jemaat Sumalata Timur, Sumalata, Tolinggula dan Biau.

Semuanya berkumpul di Kecamatan Tolinggula, mensyukuri anugerah dan perlindungan sehingga bisa menikmati tahun yang baru, meningkatkan semangat untuk menapaki masa depan tanpa harus menoleh masa yang lalu.

"Tulude adalah perayaan adat sebagai bentuk pengucapan syukur yang ternyata sangat lestari di daerah ini, saya pun bangga bisa mendukung pelaksanaannya, berbaur bersama masyarakat khususnya etnis Sangihe Talaud yang mampu melestarikan budaya nusa utara ini di Gorontalo Utara," ungkapnya.

Momen yang sangat ia syukuri, bisa dipercayakan pimpinan DPRD untuk hadir di tengah-tengah masyarakat mendukung pelaksanaan pesta adat Tulude dalam kemeriahan dan kesederhanaan.

Meski ada di bagian paling ujung atau barat Gorontalo Utara, namun adat Tulude dapat terpelihara bahkan mampu meningkatkan sikap toleransi antara etnis dan agama yang ada di daerah ini.

Wisye berharap, kegiatan budaya ini bisa harum dan lestari di kabupaten tersebut, bahkan bisa ditingkatkan lagi sebagai budaya yang mampu menarik wisatawan untuk datang di setiap tanggal 31 Januari, ikut menikmati perayaan adat Tulude.

Harapannya, Tulude mampu terpelihara dan masyarakat Sangihe Talaud bisa menjaga kelestariannya meski mereka telah menjadi bagian tidak terpisahkan dari Kabupaten Gorontalo Utara.

Turut hadir pada perayaan adat Tulude, unsur pemerintah kecamatan dan desa, tokoh masyarakat dan forum koordinasi pimpinan kecamatan setempat.***
 
Wisye Pangemanan (gaun putih) anggota Komisi III DPRD Gorontalo Utara, merayakan adat Tulude bersama warga dan jemaat Gereja Hermon, Desa Tolinggula Tengah, Kecamatan Tolinggula. (ANTARA/HO)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020