Aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Gorontalo (Debby Mano)
Kementerian Perhubungan melalui Kantor Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Gorontalo, bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo akan menerapkan aplikasi Inaportnet di Pelabuhan Gorontalo tahun 2020.

Inaportnet adalah sistem informasi layanan tunggal elektronik berbasis internet.

Tujuannya untuk mengintegrasikan aplikasi pada bidang kepelabuhanan yang standar, dalam melayani kapal dan barang dari seluruh instansi terkait atau pemangku kepentingan di pelabuhan.

"Ini termasuk sistem layanan Badan Usaha Pelabuhan (BUP), pergerakan PBM, JPT dan terminal operator," kata Kepala Bidang Pelayaran Penerbangan dan Perkeretaapian Abdul Munir Humokor, Rabu.

Langkah awal yang dilakukan Kantor KSOP Kelas III Gorontalo  adalah menjalin komunikasi dan kerja sama dengan Dinas Perhubungan, untuk melakukan sosialisasi awal kepada pemangku kepentingan di pelabuhan .

"Kami mengimbau pengusaha Jasa Pengurusan Transportasi (JPT) dan Perusahaan Bongkar Muat (PBM), yang belum menyesuaikan dengan ketentuan yang ada untuk segera memenuhinya," jelasnya.

Ia berharap penerapan aplikasi  Inaportnet di pelabuhan Gorontalo itu dapat mengubah proses layanan kapal dan barang yang sebelumnya dilakukan secara manual, kini dapat diproses secara terintegrasi, transparan dan akuntable.

Menurutnya hal itu akan berdampak pada peningkatan ekonomi daerah dan daya saing di tingkat global.**

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020