Bupati Bone Bolango, Provinsi Gorontalo Hamim Pou menyebutkan pemerintahannya melakukan penghematan anggaran hingga Rp75 miliar pada tahun 2019 sehingga pihaknya meraih predikat "BB" atau kategori sangat baik dalam penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

"Jika selama ini program dan kegiatan bisa ribuan per tahun yang tentu saja menguras anggaran, alhamdulillah kini hanya sekitar 400 kegiatan," ujar Hamim di Gorontalo, Selasa.

Ia mengaku jika angka Rp75 miliar anggaran yang dihemat tersebut dialihkan ke hal yang bermanfaat.

"Nilai SAKIP BB membuat kita diganjar dengan insentif Rp9,5 miliar dan hasilnya kita bisa membangun Mall Pelayanan Publik (MPP) 2019 yang merupakan satu dari 24 MPP yang ada di tanah air," ungkapnya.

Hamim menjelaskan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menyerahkan hasil evaluasi SAKIP tahun 2019 dengan predikat BB pada pelaksanaan SAKIP Award 2019 kepada pemerintah daerah pada wilayah III.

"Capaian Sakip BB itu merupakan kali ketiga yang diperoleh Pemkab Bone Bolango," ujar Hamim Pou.

Ia mengaku predikat tersebut diharapkan menjadi pendorong kinerja pemerintah daerah dimana Bone Bolango meraih nilai 70,58 poin.

"Makin fokus, terukur, efisien, efektif, berorientasi hasil dan pro kepentingan rakyat, untuk Bone Bolango maju 2021," kata Hamim.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020