Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Ridwan Yasin, memastikan pemerintah daerah melakukan percepatan penanganan wilayah-wilayah terdampak banjir dan tanah longsor di kabupaten tersebut.

Seperti penanganan pengalihan aliran sungai Motihelumo, Desa Motihelumo, Kecamatan Sumalata Timur akibat abrasi yang mengancam permukiman warga.

Langkah pertama yang dilakukan kata Sekda, di Gorontalo, Rabu, yaitu dengan mengalihkan aliran sungai serta memasang bronjong.

Pembangunan tersebut tentu memerlukan anggaran, namun Badan Keuangan siap mempercepat proses penagihan atau pencairan anggaran.

"Tinggal menunggu telaah dari dinas/badan terkait, proses penagihannya pasti dilakukan dengan cepat," ujar Sekda.

Tidak hanya pemerintah daerah, pihak Balai Wilayah Sungai Sulawesi II pun akan mengalokasikan anggaran untuk pembangunan bronjong.

"Kalau anggarannya keroyokan seperti ini, dipastikan pekerjaan infrastruktur yang diharapkan akan sesuai harapan dan tentu kualitasnya tidak diragukan," ungkap Sekda.

Pengalihan jalur air Sungai Motihelumo, perlu dilakukan sebab sudah mengikis rumah penduduk di daerah alirannya. Beberapa rumah bahkan tidak aman lagi untuk ditinggali, mengingat sebagian badan rumah sudah terseret air. Pemerintah daerah sementara mengupayakan bantuan perumahan bagi para pemilik rumah.

"Kita akan mencarikan solusi terbaik, untuk membantu warga yang kehilangan rumah akibat dampak bencana alam," ucapnya.

Sementara itu, Sekda mengatakan, hingga saat ini pemerintah daerah mengerahkan instansi teknis terkait khususnya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), untuk penyaluran bantuan makanan siap saji bagi warga terdampak banjir dan tanah longsor.

"Hingga saat ini, total penyaluran bantuan makanan siap saji mencapai 4.200 bungkus. Saya turun langsung ikut menyalurkannya," ucap Sekda.

Termasuk penanganan jalan putus di Dusun Zuriati Ulu, Desa Zuriati, Kecamatan Monano pada Selasa, 3 Maret 2020, sekitar pukul 21.00 Wita.

Pemerintah daerah menyiapkan bantuan anggaran pembelian bahan bakar dan pihak investor di wilayah itu membantu mengerahkan alat berat untuk percepatan penanganan longsor yang memutus akses jalan antardusun di desa tersebut.***
Sekda Gorontalo Utara, Ridwan Yasin (ujung kiri) turun langsung menyalurkan bantuan makanan siap saji di empat kecamatan terdampak banjir dan longsor. (ANTARA/HO)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020