Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Sejumlah warga Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, mulai menikmati layanan air bersih melalui program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) tahun anggaran 2014, setelah cukup lama kesulitan mendapatkan kebutuhan itu.

Tiga desa di Kecamatan Kabila Bone yang mendapatkan bantuan program PAMSIMAS tersebut adalah Modelomo, Molotabu, dan Oluhuta.

Bupati Bone Bolango Hamim Pou, Jumat, mengatakan, ketersediaan air bersih menjadi faktor penting dalam kehidupan manusia, oleh karena itu masyarakat diminta mengelola dan memanfaatkan yang telah disediakan PAMSIMAS secara bijaksana.

"Air bersih juga memiliki nilai ekonomi yang tinggi," kata Hamim.

Hamim juga meminta masyarakat yang sebelumnya sering mengalami kekurangan suplai air bersih di daerah tersebut, agar bisa menghemat penggunaan salah satu unsur penting dalam kehidupan manusia itu.

Penghematan tentunya merupakan langkah efektif dalam memelihara keberlanjutan suplai dan ketersedian air bersih untuk penggunaan yang bermanfaat.

"Program PAMSIMAS berasal dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat, oleh karena itu tanggung jawab kita bersama adalah memelihara, menjaga, dan merawat fasilitas proyek ini untuk keberlanjutan suplai air bersih supaya bisa mengalir jauh kerumah-rumah warga," kata Hamim.

Bupati juga mengimbau warga untuk selalu menjaga lingkungan sekitar, termasuk hutan dan daerah aliran sungai, supaya suplai air bersih terus terjaga.

"Jika lingkungan kita rusak, hutan juga sudah tidak terjaga, tentunya dampak bagi kondisi air sebagai sumber pokok kehidupan manusia. 

Pewarta: Wahiyudin Mamonto

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015